Selasa, 25 Agustus 2009

INI BARU BISNIS DEVELOPMENT

Sore ini saya diskusi dengan wahyu, kolega di marketing dept yang kebetulan mengambil s2 di marketing UI

awalnya pertanyaan bagaimana dengan bisnisnya mas?
barang apa saja yang laku
kegiatan apa saya yang mendatangkan penjualan bagus

dari pembicaraan itu saya catat beberapa hal yang menarik
1. harus mempunyai brand & product untuk membedakan dengan barang sejenis, misalnya dengan bekerjasama dengan pabrik yang bisa buat private label, dengan terlebih dahulu mempatenkan brand yang dimiliki
2. jika sudah punya brand maka bisa menjadi supplier/distributor yang menjual produk tsb kepada jaringan sendiri maupun umum.
3. bisa memasarkan/mengekspor produk ke dunia ke-3, karena lebih menguntungkan.
4. memasarkan produk dengan sistem franchise, karena product merupakan milik eksklusive franchisor
5. membuat divisi pameran, karena hasil penjualan pameran cukup bagus
6. kekuatan retail adalah kuantitas, untuk menghasilkan kuantitas yang banyak harus membangun jaringan. dengan margin sedikit tapi kuantitas banyak maka hasil akhir tetap banyak. lebih baik untung 1 juta x 100jaringan dibanding 100juta x 1 jaringan.
7. kunci sukses 1. modal/patner 2. system 3. sdm 4. product
8. coba ambil Kredit UKM untuk pengembangan usaha
9. brand image sangat penting untuk membentuk awareness publik . "Baby Zone adalah perlengkapan bayi dengan kualitas barang cukup bagus".

dari pembicaraan yang hanya 1 jam saja bisa mendapatkan inputan banyak dan konsep-konsepnya bisa dikembangkan di kemudian hari, gimana kalau ngobrol 5 jam.

Bagaimana dengan Anda?