Senin, 15 September 2008

FOCUS ON ACTION NOT TARGET (draft)

Bulan ini target 1 jt/hari, sedangkan realisasi target saat ini masih belum stabil dan masih fluktuat, yaitu berkisar 300ribu s/d 700ribu/hari
Tantangan bagi saya adalah "bagaimana meningkatkan omset agar tercapai omset sesuai dengan target tsb diatas?"

Fokus pada action/usaha kita untuk meningkatkan prospek ke BZ. Jangan fokus pada pencapaian penjualan atas target. karena nanti akan stress apabila omset hari itu tidak sesuai dengan target. jika fokus pada action, action apa saja dan apalagi yang sudah dan akan kita lakukan untuk meningkatkan omset, peningkatan omset merupakan hasil atas usaha itu

Untuk meningkatkan omset dan profit perlu mengimplementasi teori Action coach sebagai berikut

yang sudah dilakukan
yang belum dilakukan (evaluasi)
yang akan dilakukan

saya perlu benahi dengan menyusun ulang strategy bagaimana meningkatakan omset dan profit margin dengan meningkatkan prospek,
1. tampilan interior toko yang menarik, menyusun ulang, melengkapi kolesi barang, memberi asesories berkaitan dengan tips bayi
2. penerangan yang baik, dengan menambah jumlah lampu
3. info yang jelas, dengan membuat bill board
4. Hadiah langsung bagi pembelian dengan jumlah 50ribu dengan budget 5% dari nilai pembelian (Rp.2500)untuk meningkatkan frekuensi pembelian harian dan gift langsung berupa pembatas buku dengan tips-tips mengenai bayi dan anak, bagi setiap pembeli







setelah itu
training ulang karyawan atas service, knowledge dan selling skill




Input dan oportunity terhadap toko Babyzone
1. Penerangan luar kurang, kalau malam banner toko tidak terlihat
2. Penerangan toko kurang, sehingga dari luar terlihat kalah terang sama toko sebelah
3. Ada Alfamart dan Indomaret yang bling, sebagai oportunity untuk menarik pengunjungnya untuk juga mampir di Babyzone. Jika toko terlihat terang maka orang akan senang untuk mampir.
4. Barang yang dijual apabila ada yang sama tidak boleh lebih mahal dari pada Alfamaret & Indomaret

Untuk mengantisipasi hal itu maka minggu kemarin saya lakukan

1. Menyebar brosure (sekitar 800 lbr) ke cluster-cluster dilingkungan sekitar BABY ZONE
2. Memasang lampu sorot 500W untuk menyorot big banner Baby Zone agar terang di waktu malam.
3. Memasang 4 lampu TL @30W di dalam toko agar Baby Zone terlihat terang

Apa yang dilakukan adalah fokus pada upaya untuk membuat program/kegiatan yang meningkatkan dan mengembangkan omset toko, jangan pada pencapaian terhadap target yang diset, sehingga tidak streess (action coach dari pass fm)