Senin, 15 September 2008

FRANCHISE SYSTEM (draft)

Kemarin saya membaca majalah franchise indonesai,yang menurut saya merupakan majalah yang wajib dibaca untuk setiap entrepreneur baru- didalamnya terdapat banyak artikel mengenai bisnis franchise dan seluk beluknya. Dalam beberapa halamannya saya membaca iklan mengenai cara untuk gabung dalam franchise. melalui iklan saya memperoleh ilmu mengenai komposisi franchise suatu bisnis itu apa saja. Kebetulan saya membaca 3 buah iklan franchise yaitu
1.Rudi Hadisuwarno salon

2.


3.




saya melihat bahwa dalam bisnis itu potensial income yang diperoleh bagi franchisor adalah dari
1. franchise fee
2. royalti
3. penjualan/distribusi bahan baku

Frachise fee adalah fee yang dibayar oleh franchisee agar dapat menggunakan brand dari franchise itu, biasanya dalam bentuk sekali bayar untuk waktu tertentu misalnya 5 tahun. Semakin bagus brand semakin mahal franchise feenya. Ini kaitannya dengan penggunaan brand dan sistem.misalnya 25jt untuk 5 tahun.

Royalti adalah prosentase bagi hasil, biasanya dalam bentuk revenue share, yaitu prosentase bagi hasil atas omset yang diperoleh selama 1 bulan,misalnya 10% dari omset bulanan. jika omset bulanannya 30jt,maka royalti yang dibayarkan adalah 3 jt. royalti ini dibayar untuk membiayai sistem, recruitment, training, promo, dll yang sifatnya operasional, tujuannya dengan semakin tingginya omset yang dapat dicapai karena sistem maka diharapkan royaltinya juga akan dapat tinggi.

Penjualan bahan baku, penjualan bahan baku juga dapat mendatangkan income tersendiri bagi franchisee,namun tidaklah besar, karena bahan baku diperlukanuntuk mensupport jalannya bisnis.

itu semua belum termasuk modal
sewa ruko, interior toko & equipment, billboard & external toko, ijin, dll

studi kasus jika babyzone difranchisekan
1. Franchise fee Rp. 25jt/5tahun = 5jt/th
2. royalti fee Rp. 60jtx 10% = Rp. 6jt/bulan x 12 bulan = 72jt/tahn
3. bahan baku 5% x 40jt = 2 jt x 12 bulan = 24jt
sehingga total income yang akan diperoleh franchisee adalah = 101jt/tahun/outlet

untuk mecapai income itu, maka yang harus disiapkan oleh sebuah franchise adalah

saat ini yang sudah ada dan belum ada di babyzone, dan apa yang perlu diperbaiki/disiapkan


schedule/time plan & action plan